5 Cara Cepat Agar Bisa Menulis

Terima kasih kepada teman teman yang sudah mau menunggu artikel ini hehe semoga artikel 5 Cara Cepat Agar Bisa Menulis dari Maulana Ahsan Blog bisa berguna bagi teman teman πŸ™‚

5 Cara Cepat Agar Bisa Menulis dengan baik dan benar

5 Cara Cepat Agar Bisa Menulis

Menulis adalah kegiatan yang sangat familiar dalam kehidupan kita, karena dari mulai dari kita menginjak sekolah dasar sampai perguruan tinggi (bagi yang kuliah) semua tidak jauh dengan yang namanya menulis.

Baik menulis secara manual menggunakan bolpoin ataupun menulis secara virtual menggunakan media seperti laptop.

Namun sejak dahulu kemampuan menulis tidak semudah yang dibayangkan, karena saat kita di sekolah kebanyakan kita hanya disuruh untuk menyalin isi buku atau menyalin tulisan guru yang ada di papan tulis, bukan menulis dengan gaya kita sendiri.

Karena sudah terlalu lama sendiri eh sudah terlalu lama menyalin tulisan akhirnya otak kita mulai tumpul untuk menulis karya kita sendiri.

Ini terbukti saat ujian berlangsung, banyak dari kita yang memilih untuk menghafal secara keseluruhan text di buku, ketimbang membaca intinya saja dan menulisnya dalam bahasa kita sendiri, padahal ada pepatah yang mengatakan.

Membacalah agar kamu Mengenal Dunia dan Menulislah agar Dunia Mengenalmu

Namun, jangan khawatir karena disini saya akan share bagaimana cara cepat bisa menulis, materi ini saya dapat saat magang di media lokal di bojonegoro yaitu blokBojonegoro Media, Saya mendapatkan banyak informasi dan ilmu tentang menulis dari sana, baik menulis berita ataupun menulis artikel.

Berikut Adalah 5 Cara Cepat Agar Bisa Menulis

 

  1. Jangan Mengedit Apa yang Belum ada
  2. Jangan hentikan kinerja otak yang masih ingin menulis
  3. Banyak Membaca untuk membantu menulis
  4. Tulis apa yang ingin anda tulis dan jangan tulis apa yang tidak ingin anda tulis
  5. Paksalah diri untuk Menulis

Mari kita bahas satu per satu agar lebih mudah difahami, semoga penjelasan yang saya tulis tidak membingungkan πŸ˜€

Jangan Mengedit apa yang belum ada

Apa yang dimaksud mengubah apa yang belum ada,,?
Maksudnya disini adalah sebelum kita mulai menulis tentu kita akan berfikir ingin menulis tentang apa, nah sebelum ide itu diwujudkan secara real menjadi tulisan, jangan diubah dulu πŸ˜€

Kalau belum ditulis namun sudah diubah di dalam otak maka yang akan terjadi hanyalah perputaran ide yang tidak akan selesai, ditambah lagi kalau kita terlalu lama menyimpan ide tersebut, lama kelamaan akan hilang karena manusia memiliki sifat pelupa.

Jangan Hentikan kinerja otak yang masih ingin menulis

Ini sering sekali terjadi kepada orang yang baru memulai untuk menulis, karena kegiatan menulis ini membutuhkan konsentrasi sehingga saat ada gangguan di sekitar sedikit saja maka konsentrasi ini akan buyar dan otak akan menjadi bingung mau nulis apa.

Padahal sebenarnya otak masih ingin menulis, namun karena gangguan dari lingkungan “Misalnya ada teman yang mengajak hang out” maka otak kita harus memilih Antara menulis atau mengikuti ajakan teman, hal yang sebaiknya dilakukan adalah meminta temanya untuk menunggu sebentar atau mengubah jadwal hang out, karena kita sekarang sedang konsentrasi menyelesaikan tulisan, kalau kita hentikan otak kita untuk meneruskan tulisan, bisa jadi kita telah kehilangan ide yang ingin kita tulis.

Banyak Membaca untuk membantu menulis

Hal ini juga tidak kalah penting, saat saya magang di blokBojonegoro media, saya dianjurkan untuk perbanyak membaca, baik itu membaca informasi, kasus, buku, novel atau tulisan apapun.

Mengapa harus banyak membaca,,?
Hal ini bertujuan agar kita memiliki banyak diksi atau pilihan kata dalam menulis, misalnya saat kita ingin menulis tentang berita “Maling yang meninggal tertabrak truk” maka kita akan mahir memilih kata dalam tulisan tersebut menjadi “Seorang maling tewas mengenaskan setelah dicium truk” πŸ˜€ nah hal inilah salah satu yang membuat media mahir dalam mencari perhatian publik, dengan membuat tulisan terkesan WOW.

Tulis apa yang ingin anda tulis dan jangan tulis apa yang tidak ingin anda tulis

Cara yang keempat ini ditujukan untuk Anda yang baru memulai menulis, karena ini sering kali banyak dialami oleh penulis pemula.

Apa yang harus saya tulis ?
Mau menulis mulai dari mana ?

Dan pertanyaan pertanyaan yang lain, sederhananya adalah Tulis apa yang ingin Anda tulis, misalkan yang ada dalam pikiran Anda adalah tentang “pengalaman pribadi nembak cewek lewat sms” mulai saja tulis hal tersebut, tidak dipublikasikan tidak apa apa πŸ˜€ tulis saja yang ingin ditulis ini agar kemampuan menulis Anda terlalih.

Dan jika baru memulai jangan terlebih dahulu menulis apa yang tidak ingin Anda tulis atau tidak Anda mengerti, misalnya ada kontes menulis yang bertema komputer dan teknologi informasi sedangkan Anda belum mengerti apa apa tentang komputer, maka jangan tulis dulu, latih dulu kemampuan menulis Anda sampai pada saatnya Anda pandai dan lihai menulis apapun yang dibutuhkan.

Paksakan diri untuk menulis

Tips yang terakhir adalah memaksa diri sendiri, kenapa harus memaksa diri ?
Karena musuhnya orang menulis itu adalah malas sehingga membuat kita menunda nunda untuk menulis, sampai akhirnya tulisan tersebut tidak pernah ter realisasikan.

Kalau kita tidak memulai untuk menulis ya tidak akan bisa menulis πŸ˜€ jadi PAKSAKAN

Sudah dulu ya tips yang saya share kali ini tentang 5 Cara Cepat Agar Bisa Menulis, sebenarnya masih banyak ilmu yang saya pelajari tentang menulis saat saya magang di blokBojonegoro media.

Seperti teknik menulis berita, teknik penggalian data dan lain lain, namun tidak akan saya bahas disini, sudah terlalu panjang artikel ini πŸ˜€ semoga bermanfaat dan membuat Anda mau untuk belajar menulis.

Baca juga : Pengalaman Saya Membuat SIM C Tanpa Calo

Sampai jumpa di artikel MaulanaAhsan.com selanjutnya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.