5 Efek Buruk Setelah Berbuat Dosa dan Maksiat

5 Efek Buruk Setelah Berbuat Dosa dan Maksiat

Kembali lagi dengan saya Ahsan di blog pribadi saya yaitu MaulanaAhsan.com 😊 kali ini saya mau menulis sebuah nasehat dari guru guru saya tentang 5 Efek Buruk Setelah Berbuat Dosa dan Maksiat.

Tulisan ini saya tulis bukan untuk menggurui apalagi menyalahkan orang lain, tujuan utama tulisan ini saya tulis berdasarkan rangkuman beberapa ceramah ustadz yang semoga Allah memberkahi mereka, dan juga dari hal hal yang memang saya (atau mungkin kita) alami setelah berbuat dosa dan maksiat.

Langsung saja saya mulai ke pembahasan, mari kita mulai dengan mengucap “Bismillahirrahmanirrahim”.

5 Efek Buruk Setelah Berbuat Dosa dan Maksiat

Tentu saja kita semua sudah mengenal istilah dosa dan maksiat, jadi akan saya singkat saja pembahasan pengertian dosa, dosa dan maksiat merupakan sebuah hal/perbuatan yang bertentangan dengan ketentuan Allah.

Secara otomatis, sebenarnya manusia membenci dosa, hal ini dibuktikan dengan rasa “Malu” dan takut dalam mengerjakan nya, sehingga manusia seringkali melakukan dosa ini di dalamkeadaan sendiri. Peran setan tentu saja cukup besar dalam membungkus dosa dengan hal yang menyenangkan untuk menggoda manusia agar terperosok kedalam nya.

Berikut ini adalah beberapa hal buruk yang ditimbulkan oleh dosa.

  1. Malas beribadah

Hal ini tidak bisa dihindarkan, karena dosa dan maksiat merupakan hal yang berlawanan dan tidak mungkin bersatu. Jika kita sedang mengerjakan atau setelah mengerjakan sebuah dosa, maka secara otomatis tubuh kita akan terasa berat untuk beribadah, berat untuk datang ke masjid, berat untuk membaca Al Qur’an, berat untuk bangun malam dan hal lain yang sifatnya ibadah.

Disadari atau tidak, hal ini terjadi dalam hidup kita, yang mebuat kita semakin jauh dari hal baik ☹.

  1. Sulit menerima Ilmu

Selanjutnya ini juga merupakan sebuah fakta, saya dan mungkin banyak orang mengalami hal ini. Dulu sepertinya sebuah pelajaran dan ilmu sangat mudah untuk ditangkap, diingat dan dilakukan.

Namun setelah berbuat sebuah kesalahan yang melanggar ketentuan Allah, entah mengapa ilmu itu sangat sulit untuk diterima, membutuhkan perjuangan yang lebih kerasa daripada sebelum nya, baik yang kita pelajari itu ilmu umum, lebih lebih ilmu agama maka akan sangat sulit diterima ilmu tersebut.

Saya pernah mendengar sebuah riwayat tentang Imam Syafi’i

“Aku pernah mengadukan kepada Waki’ tentang jeleknya hafalanku. Lalu beliau menunjukiku untuk meninggalkan maksiat. Beliau memberitahukan padaku bahwa  ilmu adalah cahaya dan cahaya Allah tidaklah mungkin diberikan pada ahli maksiat.” (I’anatuth Tholibin, 2: 190).

Jadi memang hal ini sangat berpengaruh dalam pembelajaran. Dosa apa Imam Syafi’I ? yah dosanya tidak sebesar dosa saya atau mungkin kita saat ini hehe, silahkan dibaca lengkap nya di website Rumaysho.com

  1. Merasa malu berdoa

Seperti yang sudah saya singgung diatas, sebenarnya dalam diri manusia ini merasa jijik dengan dosa, sehingga pelaku dosa dan maksiat biasanya akan merasa kotor sehingga merasa malu untuk berdoa, ditambah lagi malas dalam ibadah, makinlah hari hari berlalu tanpa berdoa.

Hal ini secara sadar atau tidak sadar menjadikan kita orang yang sombong, karena manusia yang tidak berdoa, seolah tidak membutuhkan Allah dalam menjalani hidupnya, padahal tidak ada yang terjadi di dunia ini selain yang telah Allah kehendaki, Astaghfirullah ☹

  1. Kehilangan ketenangan

Yang selanjutnya adalah kehilangan ketenangan dalam menjalani hidup, baik itu dalam keadaaan apapun, pasti ada saja yang mengganjal dalam hati, ada yang membuah hati dan jiwa kita tidak tenang.

Padahal ketenangan itu adalah anugerah yang sangat besar dari Allah untuk hamba Nya, karena dalam keadaan berlimpah harta pun jika tidak memiliki ketenangan maka rasa nya susah untuk menikmati harta itu, apalagi yang dalam keadaan susah dan ditambah tidak tenang, doble rasa cemas dan khawatir nya.

Mencari berbagai macam jalan agar bisa tenang, baik dengan liburan, nonton film, baca buku, main game atau hal lain tetap saja tidak mampu mendapatkan ketenangan itu. Karena kunci nya sudah dikunci di dalam Al Qur’an.

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (Qs. ar-Ra’du: 28)

  1. Terbiasa dengan dosa

Dan hal yang paling buruk dari semua nya adalah terbiasa dengan dosa, Karena dosa itu uterus berulang ulang tanpa bertaubat, makin lama makin menjauh dari Allah maka hati akan menjadi sakit dan mati karena tidak pernag mendapatkan nutrisi, malah mendapatkan racun.

Hal ini biasanya berakibat pada berubahnya kriteria benar dan salah, hal yang sebenarnya adalah dosa tapi karena sering dilakukun sehingga menjadi hal yang biasa, dan tampak tidak salah bahkan ada sebagian orang yang bangga dengan dosa yang dilakukan nya, sudah tidak menganggap dosa itu aib.

Karena ibadah dan maksiat memiliki kenikmatan tersendiri, jika kita sedang berbuat baik maka dapat dirasakan itu kenikmatan beribadah dan secara otomatis tidak bisa mengerti kenikmatan maksiat, namun maksiat juga memiliki kenikmatan tersendiri yang membuat manusia tidak mampu merasakan nikmatnya ibadah.

Beberapa orang berada di tengah tengah, ibadah jalan dan maksiat pun jalan, sehingga tidak mampu merasakan keduanya. Yang makin lama memiliki peluang besar untuk terjerumus kedalam kenikmatan maksiat.

Baca JugaMenghitung Angka Cukup

Alhamdhulillah tulisan ini sudah sampai di akhir pembahasan 😊 Sekali lagi saya tekankan, saya menulis artikel ini bukan berarti saya orang yang sudah baik, justru artikel ini secara umum untuk mengingatkan pembaca dan secara khusus saya gunakan untuk pengingat diri saya pribadi.

Semoga artikel yang saya beri judul 5 Efek Buruk Setelah Berbuat Dosa dan Maksiat ini bisa bermanfaat untuk kita semua, sampai jumpa di artikel MaulanaAhsan.com selanjutnya.

Mungkin Ini Yang Anda Cari

  • cara membuat 2 whatsapp di hp xiomi
  • wa duplikat
  • cara membuat ymail baru
  • cara membuat script panjang di microsoft visual
  • cara membuat kata dari buli
  • arti bullying dalam bahasa indonesia
  • cara gandakan wa di xiaomi
  • cara dual wa di xiaomi
  • cara agar kartu baru indosat jadi 4g
  • cara transfer uang lewat sms banking bni ke atm lain

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.