Terlepas Kewajiban Cek Tagihan PDAM, Ini Lho Alasan Mengapa Menggunakan PDAM Lebih Efisien!

MaulanaAhsan.com – Meski PDAM hadir di setiap daerah, kenyataannya, masih banyak pula masyarakat yang memilih bertahan dengan menggunakan air sumur. Salah, kah? Tentu tidak. Masing-masing memiliki prioritas yang berbeda, meski alasan paling umumnya adalah masalah biaya. Daripada harus dipusingkan dengan cek tagihan PDAM setiap bulan dan membayarnya mengapa tidak menggunakan yang gratis saja?

Namun perlu diingat, tidak seluruh pengguna air sumur tidak mengindahkan PDAM hanya lantaran dari sisi biaya. Pasalnya, bagi masyarakat yang memilih untuk membuat sumur bor sendiri—banyak dilakukan oleh peduduk kota-kota besar—juga memperimbangkan aspek lainnya. Beberapa alasannya antara lain air yang tidak mengalir setiap saat, aliran air yang tidak selalu deras dan risiko kebocoran saluran, dan lain-lain.

Keuntungan Menggunakan PDAM

Sebagaimana hukum alam yang saling melengkapi, jika ada kekurangan, maka ada pula kelebihan-pun demikian dengan penggunaan PDAM. Setidaknya, beberapa keuntungan menggunakan PDAM berikut ini dapat memberikan pandangan baru di samping urusan pembayaran tagihan PDAM setiap bulannya.

1. Air yang lebih bersih

PDAM Air Lebih Bersih

Inilah alasan utama orang-orang memilih untuk menggunakan PDAM daripada harus membuat sumur sendiri. PDAM mengalirkan air bersih yang telah melalui proses panjang sebelum akhirnya didistribusikan ke pelanggan.

Tempat pengambilan air baku lebih dulu dilengkapi dengan penyaring yang disebut dengan bar screen. Tujuannya tidak lain adalah untuk menyaring benda-benda terapung alias sampah yang dapat mengganggu kinerja pompa. Dengan demikian, yang dapat masuk ke ruang intake hanyalah air.

Setelah itu, PDAM melakukan proses yang disebut koagulasi, flokulasi, dan sedimentasi. Koagulasi merupakan proses pemberian koagulan CMA yang bertujuan untuk mengurangi gaya tolak menolak antarpartikel koloid. Dengan demikian, partikel koloid yang terkandung akan bergabung menjadi flok-flok kecil. Flok-flok kecil ini kemudian digabungkan dengan flok-flok kecil lainnya setelah diberikan flokulan. Gabungan flok-flok kecil yang kemudian membesar ini pada akhirnya akan lebih mudah untuk diendapkan. Endapan ini kemudian berkumpul di bak sedimentasi yang dilengkapi tube selter.

Setelah tiga tahap ini, barulah dilakukan filtrasi. Maksud dilakukannya proses ini adalah menyaring flok-flok halus yang mungkin belum terendapkan di bak sedimentasi. Sebagai media porous untuk melewatkan air, pasir silika (kuarsa) biasanya digunakan.

Terakhir, PDAM melakukan proses klorinasi, yakni pembubuhan zat disinfektan seperti Sodium Hypochlorit. Melalui proses ini, bakteri yang mungkin ada di bak reservoir maupun pipa distribusi sampai ke pelanggan dapat terbunuh.

Melalui proses sepanjang ini, wajar bukan, bila air yang dihasilkan PDAM memang cenderung lebih bersih dan aman dibandingkan air yang kita ambil langsung dari sumur sendiri? Meski kenyataannya pada saat musim kemarau juga muncul risiko air yang tidak sejernih seperti biasanya, tetapi Anda tentu bisa membayangkan bagaimana lebih tidak jernihnya air dari sumur langsung, bukan?

2. Menghemat waktu dan tenaga

PDAM Waktu dan Tenaga

Anda tidak perlu lagi lebih dulu menimba air berkali-kali untuk mengisi bak mandi, bak untuk mencuci piring, atau timba-timba untuk mencuci baju, mencuci motor atau mobil, dan lain-lain. Bayangkan jika hal ini masih harus Anda lakukan, berapa banyak waktu yang sebenarnya bisa Anda pergunakan untuk hal-hal lain?

Hal ini mungkin sedikit berbeda jika Anda menggunakan mesin pompa air. Kendati demikian, Anda juga tidak bisa mengabaikan besarnya daya yang dibutuhkan. Meski tidak terlalu besar, tetapi jika frekuensi penggunaannya cukup sering, akan ada pula beban tambahan yang masuk ke dalam tagihan listrik setiap bulannya.

3. Tidak dikenai pajak tambahan

PDAM Pajak

Siapa bilang memilliki sumur sendiri tidak dibebani oleh biaya lain-lain? Kenyataannya, di kota-kota besar seperti Jakarta khususnya, berlangganan PAM justru dirasa lebih murah. Pasalnya, penggunaan air sumur atau air tanah dikenai pajak dengan nominal yang tidak dapat dikategorikan rendah.

Sebenarnya, regulasi ini bukannya tanpa alasan. Pajak tinggi atas penggunaan air tanah diberlakukan lantaran pemilik sumur mengambil air tanah secara besar-besaran sehingga menyebabkan turunnya permukaan tanah kota (Jakarta) dengan kisaran angka  6 – 12 tahun. Akibatnya tentu saja, bencana banjir yang melanda ibu kota semakin lama menjadi lebih mengkhawatirkan

Karena itulah, penggunaan PDAM dirasa lebih efisien untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Di samping biaya yang tidak terlalu tinggi, kini ada banyak kemudahan untuk melakukan cek tagihan PDAM, termasuk secara online. Salah satunya melalui Traveloka, baik aplikasi maupun situs resminya di halaman https://www.traveloka.com/bill-payment/pdam.

Cek tagihan PDAM di Traveloka juga sangat sederhana. Dalam waktu kurang dari dua menit pun, Anda bisa mendapatkan detail tagihan sekaligus melakukan pembayaran. Dengan kemudahan seperti ini, Anda pun bisa lebih menghemat waktu dan tenaga dan melakukan pengecekan sekaligus pembayaran dari mana saja dan kapan saja.

4. Tidak bingung saat musim kemarau

PDAM Musim Kemarau

Kendala utama yang dirasakan oleh setiap pengguna sumur setiap musim kemarau adalah kekhawatiran ketersediaan air. Tak jarang, setiap musim kemarau, banyak pemilik sumur yang justru harus keluar uang lebih banyak untuk mengebor lebih dalam. Bahakn sama sekali tidak menutup kemungkinan, air yang didapat juga keruh.

Sementara itu, pengguna PDAM tidak perlu merisaukan hal tersebut. Sumber air PDAM sudah menjadi tanggungan PD. Dengan demikian, pelanggan bebas dari rasa cemas untuk tetap memenuhi kebutuhan airnya dengan nyaman.

Nah, terbukti bukan, bahwa terlepas pengguna jasa PDAM wajib menunaikan keharusannya untuk mengecek tagihan dan membayar biaya berlangganan, ada banyak keuntungan lain yang didapatkan dari PDAM? 🙂

Mungkin Ini Yang Anda Cari

  • hal yg menghalangi rezeki
  • membuat ymail com
  • cara upload file ke bing
  • cara nonton siaga tv
  • cara mengatur pencahayaan komputer LG
  • cara bikin wa dobel
  • bully itu apa sih
  • artinya dont bully
  • Contoh referensi uang masuk bank
  • cara transfer uang lewat m banking bni antar bank

Leave a Reply