Ilusi Zona Nyaman

Posted on
Ilusi Zona Nyaman
intisari.grid.id

Kali ini saya mau membahas tentang Ilusi Zona Nyaman 🙂

Alasan awal saya menulis artikel ini adalah karena hal ini beberapa waktu lalu saya alami, dan dengan izin Allah kemarin saya dipertemukan dengan teman sekaligus guru saya, Pramudya Ksatria Budiman a.k.a Satruk (bangsatruk.com).

Saya maen ke tempat beliau dan sharing sharing tentang ilusi zona nyaman ini, baik dari pengalaman yang beliau alami dan juga sambil mengingatkan aku agar kembali ke track yang benar, tidak lama lama berada di dalam zona ini.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap mental, dan bahkan mampu membuat orang jadi “Manusia Tak Berguna” dan berujung kepada hasil hidup yang tidak maksimal. Bisa jadi menyerah dalam menjalani sesuatu.

Langsung saja, kita masuk ke inti pembahasan kita 😀

Zona Nyaman (Comfort Zone)


Apa Itu Ilusi Zona Nyaman

Secara singkat, zona nyaman adalah sebutan untuk sebuah keadaaan dimana kita merasa sudah asik di kondisi tertentu, sehingga kita menjadi tidak ingin melakukan hal hal lain, tidak ingin meninggalkan kebiasaan yang sekarang rutin dilakukan.

Kalau hasil diskusi saya kemarin, kita sepakat sebenarnya Zona Nyaman sebenarnya tidak sepenuhnya “Nyaman” bahkan cenderung kita sudah merasa ada yang salah dalam diri kita, namun karena alasan Kemalasan jadi tetap saja kita tidak mampu meninggalkan zona tersebut.

Singkatnya Zona Nyaman adalah sebuah kata yang lebih halus untuk menutupi fakta bahwa kita ini seorang pemalas 😀

Efek Buruk Terus Berada di Zona Nyaman

Lalu apa sih kemungkinan terburung yang akan terjadi kalau kita tetap ngotot tidak ingin berubah dan tetap di zona ini ?

Mungkin ada beberapa poin yang ingin saya sampaikan :

  • Jiwa Pemalas

Berada di zona nyaman cenderung membuat orang melakukan hal hal yang sepertinya dia sukai dan meinggalkan aktivitas utamanya yang seharusnya dia lakukan untuk kemajuan diri dan hidupnya.

  • Memiliki Habbits yang Buruk

Karena dia hanya melakukan yang menurut “syahwat” nya asik, maka habbits atau kebiasaan nya juga akan menjadi tidak produktif, kebanyakan melakukan hal yang sifatnya sia sia, atau bahkan negatif, ini yang harus kita waspadai.

  • Suatu Saat Zona Nyaman Akan Tidak Aman

Biasanya orang akan tersadarkan ketika yang dia sandarkan mulai mengalami kendala, misalnya bisnis mulai omsetnya menurun, atau hambatan yang lain, disinilah dia akan merasakan bahwa zona nyaman dia sebenarnya tidak aman.

Celakanya adalah ketika hal ini terjadi, dia masih belum memiliki persiapan apapun untuk menghadapi kondisi seperti ini, ini yang membuat orang merasa down, depresi dan ingin menyerah.

Solusi Keluar dari Zona Nyaman

Nah, sebelum hal hal diatas kita alami, kalau kita merasa berada di zona nyaman maka haruslah mulai ubah habbits dari yang paling kecil, mulailah berkumpul dengan orang yang positif, dan sibukkan diri dengan hal yang bermanfaat.

Oh iya baca juga tulisan saya tentang “Ketika Ingin Menyerah“, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Semoga tulisan Maulana Ahsan kali ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya 🙂

Gravatar Image
Selalu Tenang Sopan dan Berkarakter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.