Jangan Abaikan Penyakit Maag

Jangan Abaikan Penyakit Maag (1)

Jangan Abaikan Penyakit Maag

Kembali lagi dengan saya di MaulanaAhsan.com. Kali ini saya mau bahas tentang sebuah penyakit yang mungkin umum dialami oleh banyak orang, dan sekaligus memberikan saran untuk Jangan Abaikan Penyakit Maag.

Tanpa disadari banyak orang mengalami maag, dan bahkan banyak sekali orang orang di lingkungan saya yang juga sering merasakan gejala gejala maag, namun banyak juga dari mereka yang abai dengan penyakit ini.

Ada yang dibiarkan saja, ada yang diobati dengan obat obat yang ada di toko, dan yang lebih parah, ada yang bilang “Halah, maag gini doang biasa kok”.

Sebenarnya apa sih itu maag dan apa bahayanya jika dibiarkan saja tanpa diobati? Mari kita bahas bareng disini.

Apa itu Maag?

Maag adalah penyakit penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri dan juga panas pada lambung, yang terjadi karena beberapa kondisi.

Diantaranya karena luka yang terbuka pada lapisan dalam lambung, infeksi dari sebuah bakteri bernama Helicobacter pylori, dan juga sering dipicu karena stres.

Banyak orang yang mengatakan kalau penyebab dari penyakit maag adalah karena pola makan yang tidak teratur, makanan pedas, rokok dan lain sebagainya.

Padahal penyebab penyakit maag yang sebenarnya adalah gangguan terhadap proses pencernaan makanan secara alami di lambung kita.

Bahaya Maag Jika Tidak Diobati

Mayoritas orang pernah mengalami maag baik yang disadari ataupun tidak. Memangnya, apa saja sih, bahaya dari penyakit maag yang tidak segera ditangani dengan tepat?

  1. Stenosis pilorus

Di antara lambung dan usus kecil terdapat sebuah katup berotot yang dikenal dengan stenosis pilorik. Katup ini berfungsi untuk menahan makanan yang berada di lambung agar dicerna terlebih dulu, baru setelah itu dialirkan menuju ke usus.

Salah satu akibat dari penyakit maag kronis yang terjadi secara terus menerus adalah Stenosis pilorus. Kondisi dimana asam lambung yang terlalu berlebihan akan membuat katup berotot ini semakin menebal.

Kondisi seperti ini akan membuat jalur makanan jadi menyempit.

Orang yang memiliki komplikasi maag ini akan merasakan gejala seperti muntah muntah setelah makan, dehidrasi, dan juga merasa lapar-terus-menerus.

Penyakit akibat maag kronis yang tidak segera ditangani dengan tepat ini sangat berbahaya.

Salah satu alasannya adalah gangguan maag akut ini bisa membuat seseorang kesulitan mendapatkan nutrisi yang akan berdampak secara langsung kepada kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  1. Esofagitis

Maag akut bisa sangat bahaya seperti memicu terjadinya esofagitis. Esofagitis ini menandakan kalau telah terjadi peradangan berat yang bisa merusak jaringan yang ada di kerongkongan.

Maag yang tidak segera diobati dengan benar akan menyebabkan jaringan yang ada di kerongkongan rusak dan mengganggu kinerja kerongkongan, yaitu menjadi jalan pindahnya cairan ataupun makanan dari mulut menuju ke perut.

Dan pada akhirnya, esofagitis akan menimbulkan gejala kesulitan menelan, dan juga nyeri di dada.

  1. Perdarahan dan kanker lambung

Karena maag yang tidak segera diobati dengan tepat, radang lambung bisa semakin parah dan bahkan bisa memicu terjadinya pendarahan di lambung.

Jika sudah terjadi perdarahan di lambung, gejala lain yang mengiringi nya adalah feses berwarna hitam dan juga disertai dengan nyeri parah di bagian perut.

Pada beberapa kasus, peradangan juga bisa memicu perubahan sel-sel normal yang bisa berakibat dengan kanker lambung.

Jangan Abaikan Penyakit Maag

Jadi mulai sekarang, jangan menyepelekan penyakit sekecil apapun itu, mari kita sama sama jaga kesehatan agar keluarga dan orang orang terdekat kita juga bahagia melihat kita sehat.

Untuk anda yang membutuhkan layanan kesehatan yang berkualitas dan praktis, jangan lupa cek webiste atau aplikasi Halodoc, disana banyak sekali informasi kesehatan yang pastinya akan bermanfaat untuk Anda.

Selain itu, di Halodoc ada juga program konsultasi dengan dokter jika Anda mengalami masalah kesehatan.

Halodoc
Halodoc

Semoga info dari Saya kali ini tentang Jangan Abaikan Penyakit Maag bermanfaat untuk Anda, sampai jumpa di artikel MaulanaAhsan.com selanjutnya.

Related Post

6 Replies to “Jangan Abaikan Penyakit Maag”

  1. Seringnya terlalu banyak makan makanan pedas yang menjadi faktor penyebab terkena penyakit maag. Kalau aku baca artikel seputar donor darah dan anemia di Halodoc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.