Minuman Elektrolit Bisa Atasi Dehidrasi pada Pasien Demam Berdarah?

Kali ini MaulanaAhsan.com mau menyampaikan sebuah informasi yaitu Minuman Elektrolit Bisa Atasi Dehidrasi pada Pasien Demam Berdarah?

Ilustrasi Demam Berdarah

Dehidrasi kerap terjadi pada pasien demam berdarah. Pemberian minuman elektrolit pun sering dilakukan. Sudah tepatkah tindakan ini?

Dehidrasi kerap terjadi pada pasien demam berdarah. Hal ini pun diamini oleh dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter. Menurutnya, dehidrasi bisa terjadi saat penderita mengalami demam, muntah, atau enggan tidak minum.

Minuman Elektrolit Bisa Atasi Dehidrasi pada Pasien Demam Berdarah?

Sebenarnya, dehidrasi dapat diatasi dengan minum air putih. Namun, pemberian minuman elektrolit dinilai lebih baik karena berefek cepat memulihkan tubuh dari dehidrasi. Apakah pendapat ini sepenuhnya tepat?

“Kalau ditanya apakah minuman yang mengandung elektrolit bisa mengatasi dehidrasi saat demam berdarah, bisa. Ini karena minuman yang ada kandungan elektrolitnya lebih mudah diserap oleh tubuh. Jadi memang bisa membantu dehidrasi saat demam berdarah,”

ujar dr. Andika Widyatama dari KlikDokter.

“Namun, untuk menyembuhkan demam berdarah, minuman elektrolit tentu tidak bisa. Demam berdarah itu penyebabnya virus dengue. Nah, itu penyembuhannya sendiri sebenarnya mekanisme atau perjalanan penyakit, yakni disebabkan oleh kebocoran plasma. Jadi cairan-cairan pembuluh darah keluar ke jaringan,”

dr. Andika menjelaskan.

Dari mana cairan elektrolit didapat?

Salah satu sumber alami cairan elektrolit adalah air kelapa. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, fungsi dari air kelapa mirip dengan cairan penambah ion yang dijual bebas di pasaran.

“Pada orang yang terkena demam berdarah, keseimbangan elektrolitnya akan terganggu karena terjadi kebocoran plasma. Fungsi dari air kelapa ini mirip dengan cairan penambah ion yang dijual bebas di pasaran,”

ujar dr. Sepriani.

Dia menjelaskan, biasanya pasien demam berdarah memang sudah diberikan elektrolit melalui cairan infus. Akan tetapi, untuk membantu proses pemulihan, mengonsumsi air kelapa yang kaya akan elektrolit bisa membantu.

Selain membantu pengobatan demam berdarah, kandungan elektrolit dalam air kelapa juga bisa menghindarkan seseorang dari syok yang bisa berujung pada kematian. Namun, air kelapa hanya digunakan sebagai ‘obat pendamping’, bukan metode pengobatan utama.

Minuman elektrolit dapat membantu penderita demam berdarah mencukupi kebutuhan cairan. Tapi ingat ya, minuman elektrolit tidak menyembuhkan demam berdarah.

Minuman ini hanya membantu menyuplai cairan dengan cepat. Akan tetapi, lebih baik jangan sembarangan mengonsumsi cairan elektrolit dan konsultasikan dulu dengan dokter.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.