Nyeri di Hari Pertama Haid? Normal Atau Tidak?

Nyeri di Hari Pertama Haid? Normal Atau Tidak?
Nyeri di Hari Pertama Haid? Normal Atau Tidak?

Setiap wanita dewasa akan mengalami yang namanya menstruasi atau proses luruhnya dinding rahim akibat tidak terjadinya pembuahan. Hal ini menandakan sistem reproduksi wanita tersebut telah matang dan siap menjadi tempat calon embrio setelah dibuahi.

Meski normal, namun menstruasi bukanlah hal yang mudah. Selain Anda akan lebih peka terhadap sekitar, memiliki mood dwing, hingga memiliki perasaan was-was yang berlebihan, sebagian wanita juga akan merasakan nyeri di bagian perut bawah terutama di hari pertama menstruasi.

Nyeri haid di hari pertama ini seringkali sangat menyakitkan sehingga wanita enggan atau tak bisa beraktivitas. Mereka hanya ingin tiduran untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Sebenarnya apa sih penyebab nyeri haid hari pertama itu?

Penyebab Nyeri Hair di Hari Pertama

Di hari pertama haid, otot uterus atau otot rahim akan mengalami kontraksi untuk meluruhkan dinding rahim yang telah siap sebagai tempat menempelnya embrio.

Karena tidak terjadi pembuahan maka uterus meluruhkan dindingnya untuk nantinya diganti yang baru. Peristiwa kontraksi inilah yang membuat rasa sakit terutama di hari pertama saat dinding rahim masih tebal. Rasa nyeri ini bisa bertahan hingga 2 atau 3 hari seiring dengan kondisi di dalam rahim itu sendiri.

Rasa nyeri tersebut memang sesuatu yang wajar dan bisa terjadi pada setiap wanita saat menstruasi. Masing-masing wanita bisa memiliki derajat nyeri yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi rahimnya dan kondisi hormonal yang dimiliki.

Meski begitu, jika Anda mengalami nyeri yang sangat menyiksa, dengan volume darah terlalu besar dan satu hari menstruasi, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki nyeri dalam taraf wajar namun menjengkelkan karena sulit diajak beraktivitas, kini sudah ada solusi yang bisa digunakan yaitu iFree. iFree merupakan pad hangat yang bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja untuk mengusir nyeri haid.

Saat Anda sudah merasakan akan mendapat haid, segera bawa iFree kemanapun untuk berjaga-jaga mengusir nyeri haid. Ingin tahu lebih banyak mengenai iFree, baca sumber : https://ifreeindonesia.com/ yang berisi informasi produk dan bermacam artikel menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.