Pengalaman Saya Membuat SIM C Tanpa Calo

Posted on

Kali ini MaulanaAhsan.com akan share tentang update pengalaman lagi ini yaitu Pengalaman Saya Membuat SIM C Tanpa Calo

Pengalaman Membuat SIM C Tanpa Calo
Pengalaman Membuat SIM C Tanpa Calo

Iya, sebelumnya saya dulu pernah share tentang Pengalaman membuka rekening BNI Taplus Muda, dan Alhamdhulillah telah dilihat oleh banyak orang dan banyak juga yang komen untuk sekedar tanya atau bahkan mengeluh tentang pelayanan bank yang pada dasarnya bukan tanggung jawab saya eh tapi semoga saja artikelnya membantu 😀

Kali ini saya juga mau share pengalaman yaitu pada saat saya membuat surat ijin mengemudi, atau biasa disingkat SIM.

Banyak yang mengeluh dan bahkan takut pada saat membuat yang namanya surat ijin mengemudi apalagi anak muda yang belum pernah melakukanya.

Sudah ketakutan dengan bayang bayang yang sebenarnya belum terjadi, maka tidak sedikit dari mereka lebih memilih memakai jasa calo dengan biaya berkali kali lipat agar bisa mendapatkan sim.

Tanpa melalui proses tes teori dan tes praktek yang dilakukan di satlantas.

Kalau saya memang pada saat mau buat sim berketak mau melalui jalur resmi alias tanpa calo.

Selain harganya yang murah, kalau melalui jalur resmi pasti akan banyak pengalaman yang saya dapat 😀 langsung saja ya

Inilah Pengalaman Saya Membuat SIM C Tanpa Calo


Tes Kesehatan

Dimulai pada saat saya terbangun, dan sholat,makan,mandi lanjut berangkat ke kantor satlantas bojonegoro dengan terburu buru, jam 7 saya sampai di tempat tes kesehatan.

Disana sudah ada beberapa orang yang menunggu untuk membuat sim atau memperpanjang sim.

Selang beberapa puluh menit, petugas yang untuk menangani pun datang tapi yang saya lihat bukan pemandangan yang saya inginkan hehe

Disini sudah banyak praktek CALO terjadi, yaitu bersama dengan petugas tadi, saling negosiasi waktu dan pembayaran, disepakatilah hari X sebelum jam lima untuk pemotretan, karena memang harus sebelum jam kerja katanya.

Namun saat saya mulai mengajukan keinginan saya, diminta ktp asli dan saya cari cari ktp saya di dompet dan tas gak ada, keringat dingin mulai bercucuran.

Ternyata oh ternyata

Saya baru ingat kalau KTP saya tertinggal di tempat fotocopy dekat polsek di daerah saya pada saat saya membuat SKCK 😀

Terlebih lagi tempat fotocopy itu di daerah desa saya yang jaraknya jauh dari kota bojonegoro.

Alhasil saya harus kembali pulang untuk mengambil ktp terlebih dahulu.

Di hari selanjutnya saya berangkat pagi pagi lagi, dan sampai pada tempat tes kesehatan seperti biasa ada nego sana sini hehe

Sampai pada saat kliniknya buka saya mulai masuk sesuai antrian, dan nama saya pun dipanggil untuk tes mata.

Ditanyai tentang angka angka yang tersamar di dalam kumpulan warna warna polkadot hehe.

Akhirnya saya dapat ijin kesehatan dengan membayar Rp 20.000 dan saya mulai keluar dari tempat tes.

Ke petugas yang biasa nego negoan, saya ditanya “Mau tes atau nembak..?”

Saya jawab “Tes pak” langsung saya dibilangin gini “Kalau tes susah dan lama lo, paling tidak 3 minggu baru jadi, kalau sekali tess gagal harus ngulang di minggu berikutnya, sampek lulus”.

Saya jawab dengan santai karena niat saya memang tes “Iya pak ngerti”.

Saya diberikan arahan untuk menuju satlantas ke loket 1 dan bayar biaya map+parkir RP 5.000.


Tes Praktek Mengemudi

Sampailah saya di kantor satlantas bojonegoro, memberikan catatan kesehatan tadi pada bu polwan yang ada di loket 1 😀

Disuruh nunggu beberapa menit sampai dipanggil dan akhirnya ujian praktek, saya sudah latihan selama 5 menit sesuai yang disediakan polisinya.

Yang diujikan adalah Laju lurus dan pengerman mendadak, lalu Laju Zig Zag, dilanjut dengan Laju berbentuk angka 8.

Dan Berputar di jalan buntu tanpa boleh menginjakkan kaki, terakhir mejalu kencang dan membelokkan motor.

Rute praktek SIM C
Rute praktek SIM C – sumber : kacamatalupus.blogspot.com

Pada tes praktek pertama saya hanya tinggal langkah langkah akhir yaitu di belokan jalan buntu saya terjatuh karena kekurangan keseimbangan dan konsentrasi hehe

Dan parahnya di kesempatan kedua saya malah gagal di rute angka 8 🙁 suatu kemunduran.

Saya pulang dengana rasa sedikit puas karena sudah mencoba daripada takut hehe sambil nunggu minggu selanjutnya saya tanya tanya kepada teman saya yang sudah pernah buat sim.

Namanya M Ali Sururi, saya tanya gimana caranya dia bisa lulus hanya dalam sekali percobaan akhirnya dia membocorkan amalan nya, yaitu membaca Al Fatihah sebelum berangkat dan Sebelum tes.

Akhirnya di minggu selanjutnya saya lakukan cara teman saya tadi yaitu mengawali dengan Al Fatihah,dan saya tetap berangkat pagi jam 7 udah sampek satlantas.

Kata satpamnya “kalau jam segini sampean kepagian mas polisinya masih di jalan untuk tugas lalu lintas, nanti jam 9 baru datang” dalam hati berkata “Lama sekali pak, minggu lalu katanya suruh berangkat pagi” wkwk

Singkat cerita polisinya datang dang mulai diijinkan latihan, saya coba berulang ulang kali sampek beberapa belas atau puluh kali hehe saya kurang ingat.

Karena ini bentuk tindakan saya bahwa saya pengen lulus tes sim bukan hanya berdoa “Aja” akhirnya waktu tes saya tiba, saya mulai membaca Al Fatihah dan melakukan tes sepeti minggu lalu, dan Ajaib sekali saya lulus dalam sekali praktek 😀


Tes Teori Mengemudi

Dapat catatan lulus dari pak polisi dan lanjut ke ujian teori yang terdiri dari 30 soal.

Dengan nilai minimal 60 atau jika diakumulasikan harus betul minimal 18 soal.

Karena saya sudah memiliki sedikit tentang pengetahuan lalu lintas jadi saya langsung aja masuk dengan pede hehe.

Soal mulai dijalankan, 1 soal diberi waktu 40 detik untuk menjawab.

Saya jawab dengan pengetahuan saya yang sedikit, alhasil setelah tes hasilnya keluar, jeng jeng jeng 😀

Saya LULUS Alhamdhulillah dapat nilai 67, ini membuktikan bahwa omongan calo tadi cuma mitos yang tujuanya menakut nakuti kita aja hehe 😀


Tahap Terakhir Pembayaran dan Foto

Lanjut ke sesi pembayaran administrasi Rp 100.000 dilanjut melakukan scan sidik jari,tanda tangan dan cekrek, foto 😀 tunggu beberapa saat dan sim saya sudah jadi dah,,,, mantap hehe

Semoga bisa menjadi referensi bagi teman teman yang ingin membuat SIM tanpa bantuan calo hehe, sekian artikel Pengalaman Saya Membuat SIM C Tanpa Calo sampai jumpa di artikel MaulanaAhsan.com selanjutnya.

Mungkin Ini Yang Anda Cari

  • cara membuat sim c
  • tempat membuat sim
  • Jam kerja pembuatan sim
  • Membuat sim c
  • tempat bikin sim
  • ujian praktek sim c
  • tempat membuat sim di bojonegoro
  • pengalaman membuat sim
  • berapa lmao pembuatan sim motor
  • berapa jam waktu mengurus sim
Gravatar Image
Selalu Tenang Sopan dan Berkarakter

35 thoughts on “Pengalaman Saya Membuat SIM C Tanpa Calo

  1. wahhh ternyata cukup gampang yahh… dari pada harus ngeluarin uang 400-500 ribu buat calonya.. 😀 mantep mas… jadi total gak sampe 200 rb ya..?

  2. bagus mas,, itu mase ikut kursus LPK ndak?,, kursus buat mengendarai motor?

  3. Mas klau gagal diuji terus ngulang, itu ada pembayaran lagi ndak

  4. mas ahsan, untuk prakteknya pakai motornya matic atau motor bebek

  5. Alhamdulillah lulus dgn 2x datang.
    Saya juga lagi ngurus SIM baru di Satpas Colombo Surabaya,lewat jalur resmi.
    Ujian teori mulus, lulus.
    Ujian praktek gagal, ngulang lagi ujian praktek seminggu kemudian(16 Desember 2017), alhamdulillah gagal lagi di jalur angka 8.
    Waktu ujian praktek, pengamatan saya yang gagal skitar 90%, hanya beberapa gelintir orang yang lulus.

  6. Ms ahsan..q mau bikin SIM C, kmrn tes kesehatan q lulus, tyus ktny ujian praktek dlu lalu dilanjut ujian teori. La ujian praktek q gagal pas diangka 8 krn pas muter keblabasan kluar dr lingkarn pdhl q udh pelan pelan,q pke motor Vega R, La barenganku gak ada yg lulus satu pun diujian praktek tu..besok minggu q disuruh ke polres Purwodadi lagi. Pertanyaan saya gmn caranya megang gas. Tyus masse prseneleng km masukan brp?

  7. Kalau tanggal 10 april tes praktek yang ke dua karena yg pertama gagal..bisa gak di lain hari bisa tes praktek lagi

  8. sekarang ujian test motor dulu baru test teori..

  9. Lu enak mas kalo di bali tepatnya di daerah badung tes teorinya soalnya 30 maksimalnya salah 4 trus kalo tes praktiknya ga ada pengulangan apalagi latihan sakali kaki jatuh langsung ulang besoknya lagi , seakan kita di suruh pake calo wkwk

  10. Aku juga gak pake calo kemaren mas tapi pas tes nya aku minta nya motor metik soalnya bisa metik , enak nya gak pake calo dapat pengalaman sama ilmu bertambah soal kendaraan tapi di sini tes kesehatan 30 mas sekarang mah udah daftar langsung di poto kebalikan sama postingan nya

  11. Kalo gagal minggu depannya gausah tes kesehatan lagi kah? Atau gmana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.