Pertumbuhan Otak Anak Sampai Usia Berapa ? Mari Kita Bahas

Pertumbuhan Otak Anak Sampai Usia Berapa

Pertumbuhan Otak Anak Sampai Usia Berapa ? Mari Kita Bahas Bersama MaulanaAhsan.com

Halo teman teman pembaca blog ini, kali ini saya mau membahas tentang topik yang berkaitan dengan parenting 🙂

Yah meskipun saya sekarang masih muda dan masih jomblo, tidak ada salahnya saya mulai belajar tentang parenting, karena suatu saat saya juga akan menjadi seorang ayah dan seharusnya memantaskan diri untuk memiliki ilmu di bidang pengasuhan anak mulai dari balita hingga menjadi orang dewasa yang baik dalam bermasyarakat.

Tahukan Anda, sampai usia berapakah otak anak mengalami pertumbuhan ? kebanyakan orang akan menjawab pada sampai anak berumur 5 tahun, namun apakah pernyataan yang dilontarkan meyoritas orang itu benar ? belum tentu juga, mari kita bahas lebih lanjut.

Pembahasan Tentang Pertumbuhan Otak Anak

Memang seperti yang telah sama sama kita ketahui, di periode awal kehidupan manusia memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap masa depan dan kehidupan pada tahap setelahnya, oleh karena itu jika bayi mengalami perkembangan yang tidak baik di masa ini, mampu mempengaruhi kesehatan mental dan juga fisiknya.

Pada awal periode kehidupan manusia, pertumbuhan fungsi dan kinerja otang mengalami perubahan yang sangat cepat, proses ini sudah dimulai saat bayi masih berada dalam kandungan ibu, proses ini terus berlanjut sampai bayi terlahir. Meskipun proses pembentukan sel otak sudah hampir selesai sebelum bayi dilahirkan, namun proses pematangan otak, jalur syaraf inti, dan koneksi berkembang secara progresif setelah anak lahir di usia dini.

Namun benarkah pertumbuhan otak anak hanya sampai umur 5 tahun ?

Pada usia awal kelahiran sampai usia tiga tahun, anak akan melalui proses perkembangan yang sangat signifikan dalam semua aspek hidupnya. Pada usia 1 tahun bayi akan mulai belajar untuk berbicara dan berjalan. Pada usia 2 tahun, bayi akan mengalami perkembangan pesat dalam kemampuan berpikirnya, bayi akan memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar dan ingin meng eksplorasi semua aspek yang ada di dekatnya.

Pada tahun ketiga, otak bayi akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat karena tubuh sedang memproduksi milyaran sel dan mengatur koneksi antar sel, kecerdasan bayi sudah tumbuh dan berkembang pesat dari tahun tahun sebelumnya.

Bayi yang baru terlahir mempunyai kurang lebih sekitar 100 milyar sel otak. Otak akan terus berkembang. Pada saat usia 6 bulan otak bayi mencapai setengah berat dari berat matangnya, dan pada usia 8 tahun otak sudah mencapai 90% berat matang otak si kecil, jadi sebenarnya otak anak masih terus tumbuh dan berkembang sampai pada usia 8 tahun, berarti opini diatas yang mengatakan “pertumbuhan otak anak hanya sampai umur 5 tahun” terbantahkan.

Kesimpulan

Menjaga asupan gizi dan lingkungan anak agar tetap baik merupakan langkah awal untuk menjaga dan meng optimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak, orang tua bisa memberikan rangsangan dan juga pembelajaran sederhana untuk meningkatkan fungsi dan kinerja otak pada usia ini, namun jangan terlalu membuat anak tertekan. Karena fase ini merupakan salah satu inti pembelajaran yang sangat berpengaruh untuk masa depan anak seperti yang telah dijelaskan diatas.

Sekian dari say tentang Pertumbuhan Otak Anak Sampai Usia Berapa, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, sampai jumpa di artikel Blog MaulanaAhsan.com selanjutnya 🙂

Mungkin Ini Yang Anda Cari

  • www maulanaahsan com

Leave a Reply