Tata Cara Memesan Tiket KAI Via Online

Tata Cara Memesan Tiket KAI Via Online
Tata Cara Memesan Tiket KAI Via Online

Kereta api adalah salah satu transportasi umum yang cukup sering digunakan masyarakat Indonesia. Bahkan kereta api terkenal sebagai transportasi umum paling favorit untuk perjalanan pulkam ( pulang kampung ) bagi masyarakat yang menjadi orang perantauan. Sebab tidak ada kata macet, ketika menggunakan kereta api sebagai transportasi. Sehingga perjalanan jarak jauh pun menjadi lebih cepat.

Selain itu, fasilitas yang disediakan oleh PT KAI pun semakin lengkap. Mulai dari kelas eksekutif, bisnis, bahkan kelas ekonomi, semua menyediakan fasilitas yang cukup lengkap dan menarik. Tentunya kelengkapan tersebut, disesuaikan dengan kelasnya masing-masing. Meski demikian perhatian terhadap kenyamanan customer pasti membuat kamu merasa lebih nyaman bila menggunakan kereta api sebagai transportasi umum ketika melakukan perjalanan jauh.

Tapi bagaimana sih cara pesan tiket KAI via online? Supaya kamu tidak perlu datang ke stasiun hanya untuk mengecek ketersediaan tiket. Sehingga kamu juga bisa menghemat waktu serta tenaga. Ingin tahu lebih lanjut? Mari simak beberapa tips dari pengalaman memesan tiket kereta api via online, berikut ini.

Tata Cara Memesan Tiket KAI Via Online

Buka Website atau Aplikasi Traveloka

Langkah pertama untuk memesan tiket kereta api via online adalah dengan membuka aplikasi traveloka. Sebuah situs pencarian tiket kereta api dengan jangkauan paling luas dan sistem booking tiket terpercaya. Selain Itu traveloka juga resmi bekerja sama dengan PT KAI. Sehingga tingkat keakuratan pemesanan dan keamanan data pemesan pun tidak perlu diragukan lagi. Namun bila kamu belum memiliki aplikasi traveloka, kamu juga bisa membukanya di website traveloka.

Baik pemesanan via website maupun aplikasi, keduanya tidak memiliki perbedaan yang cukup jauh. Paling yang membedakan antara traveloka via website dan aplikasi adalah jika kamu memiliki aplikasi traveloka kamu bisa mendapatkan informasi terupdate dari traveloka secepat mungkin. Bahkan kamu akan mendapatkan notifikasi ( bila kamu mengaktifkannya ). Tapi bila dengan traveloka web kamu hanya akan mendapatkan informasi bila membuka web traveloka.

Masukkan Data Umum

Setelah membuka website traveloka, masukan data-data umum yang diminta. Data umum yang dimaksud disini, biasanya berhubungan dengan stasiun keberangkatan, stasiun kedatangan, jumlah tiket untuk dewasa, anak-anak ataupun balita, serta yang paling penting adalah hari keberangkatan yang diinginkan.

Pengisian data ini, sangat berguna untuk kamu agar bisa mendapatkan informasi mengenai tiket kereta api yang ada pada rute dan tanggal yang kamu inginkan. Bahkan kamu bisa melakukan filter nama kereta api, waktu keberangkatan serta kelas dari kereta api yang kamu inginkan.

Pilih Kereta yang Ingin Kamu Gunakan

Kemudian dari data-data yang telah kamu dapatkan, pilihlah salah satu tiket kereta api yang kamu ingin gunakan. Di sini kamu bebas untuk memilih secara suka-suka kereta api jenis apa yang kamu, kelas apa yang ingin kamu ambil dan harga berapa yang ingin kamu pilih. Untuk itu, pilihlah dengan bijak mana jenis kereta api yang paling baik untuk kamu.

Isi Data Pribadi

Ketika kamu telah memilih kereta api yang kamu inginkan maka langkah selanjutnya adalah mengisi data pribadi. Data pribadi ini biasanya dikategorikan menjadi dua data pribadi umum. Kedua data tersebut, meliputi :

  1. Data Pemesan

Sebenarnya pengisian data pemesan ini, sangat mudah. Kamu hanya perlu mengisikan data mengenai nama yang sesuai dengan KTP ataupun tanda pengenal lainnya, seperti halnya SIM ataupun paspor. Kemudian isikan email dan nomor telepon. Setelah ketiga data itu lengkap, maka pengisian data pemesan pun telah selesai.

  1. Data Penumpang

Selain data pemesan, kamu juga harus mengisikan data-data penumpang. Data penumpang inilah yang akan digunakan untuk data tiket kereta api. Sehingga kamu bisa memesankan tiket kereta api untuk orang lain, asal data penumpang diisi dengan data orang tersebut ( data kamu hanya diisi untuk data pemesan ).

Selain itu, dengan adanya fitur ini, kamu bisa memesan lebih dari satu tiket.

Pada data penumpang dewasa, data-data yang diisikan juga sesimpel dan sederhana layaknya data pemesan.

Kamu hanya perlu mengisikan nama sesuai KTP ) SIM / paspor, jenis tanda pengenal dan nomor tanda pengenal, khusus bila kamu berumur 18 tahun ke atas. Namun bila kamu belum berumur 18 tahun, maka kamu bisa menggunakan tanda pengenal lainnya. Seperti halnya nomor akta kelahiran, nomor kartu pelajar ataupun tanggal lahir dengan format hari bulan tahun ( hhbbtttt ).

2 thoughts on “Tata Cara Memesan Tiket KAI Via Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.