Mending Upgrade RAM atau Ganti SSD ? Ini Pengalaman Saya

Pilih Upgrade RAM atau Ganti SSD

Pilih Upgrade RAM atau Ganti SSD

Pilih Upgrade RAM atau Ganti SSD ? – Kali ini saya mau sharing pengalaman saja, tentang yang belum lama ini saya lakukan yaitu memilih antara upgrade RAM atau ganti SSD.

Hal ini mulai menjadi pertanyaan saya tidak lama ini, karena kondisi laptop saya yang biasa saya gunakan untuk kegiatan sehari hari sudah mulai terasa menurun performa nya, tidak bias multitasking dengan cepat, karena hanya membuka beberapa tab chrome dan office saja sudah terasa banget loading untuk perpindahan aplikasi.

Mending Upgrade RAM atau Ganti SSD ? Ini Pengalaman Saya

Setelah itu mulai saya searching di tokopedia, niat pengen beli pc jadi laptop perjuangan saya hanya digunakan ketika butuh mobilitas, sedangkan kebutuhan sehari hari bias menggunakan pc, saat proses pencarian barang tersebut, saya melihan banyak jenis pc dengan spesifikasi yang berbeda beda, tentu saja saya cari yang diatas laptop saya agar makin lancer dalam melakukan beberapa kerjaan.

Disitulah saya mulai tertarik dengan SSD atau singkatan dari (Solid State Drive) karena yang saya lihat dari beberapa pc terbaru hampir semua menggunakan SSD bukan HDD (Hardisk) dan semua device apple pasti menggunakan SSD, jadi setelah itu saya mencari perbandingan di google dan youtube.

Sampai saat itu, saya sudah mengetahui keunggulan SSD, namun tidak hanya itu karena yang saya pikirkan waktu itu, kalua mau ningkatin performa untuk multitasking bukankah lebih bagus kalau nambah kapasitas RAM (Random Access Memory) ?

Terjadilah diskusi saya dengan teman saya yang saya anggap mastah dalam hal computer, teknologi dan programming.

Katanya yang mempengaruhi performa sebuah laptop bukan hanya RAM tapi banyak hal, salah satunya dengan penggunaan SSD ini, karena masih banyak orang awam seperti saya yang menganggap semakin tinggi RAM maka semakin cepat dan bagus performa laptop nya.

Ternyata tidak sesempit itu, daripada banyak basa basi gak jelas, karena saya pun juga sudah mulai ngelantur, langsung saja kepada kesimpulan Pilih Upgrade RAM atau Ganti SSD.

  • Jika keperluan Anda hanya sebatas penggunaan ringan seperti Microsoft office, nonton video, browser maka yang sangat bagus adalah mengganti SSD, karena dengan menggunakan SSD performa laptop akan jadi sangat meningkat, saya sudah merasakan nya.
  • Namun jika Anda adalah seorang yang menggunakan laptop untuk keperluan berat seperti aplikasi editing video dan desain grafis maka selain ganti SSD, upgrade RAM juga menjadi hal yang sangat krusial

Sekian dari MaulanaAhsan.com Tentang Pilih Upgrade RAM atau Ganti SSD ? Semoga bermanfaat untuk Anda, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

16 thoughts on “Mending Upgrade RAM atau Ganti SSD ? Ini Pengalaman Saya

  1. Bang saya juga lagi bingung upgrade ram atau ssd bisa tolong tanya, spek processor dan ramnya, buat perbandingan? Soalnya saya paling juga gunakan buat office, liat video dan browsing, kadang2 pake Photoshop, thanks

  2. bang, berati kalo untuk buka video, browser, office sama adobe photoshop cc gitu yang diutamakan berarti ssd dulu ya? kalo ram 4gb standar lah ya pasti masih bisa ngangkat. soalnya pas buka tu photoshop, video pas mau nonton film, ato office buat kerjain tugas sekolah suka ada delay beberapa detiik gitu. paling parah pas buka photoshop sih, bisa sampe nunggu 10 – 15 detikan gitu setelah diklik

  3. bang, mw tanya.. saya pake asus ram 4gb,
    saya pengen pake aplikasi editing seperti ps, adobe illustrator dan cdr..
    mana kah yg harus saya lakukan??

  4. Performa meningkat krna ssd, performa yg mana gan? coba di perjelas.
    Performa graphic nya jadi makin tajem? listrik jdi hemat? makin kenceng atau gmna? trus yg di rasakan apa perbedaanya

  5. laptop saya Lenovo G400-Windows 8 32bit. RAMnya sekarang 2GB, tapi punya 2 slot ram. pakai procesor Intel Pentium CPU B960 @2,2 GHz (2 CPUs).
    max speed memory RAM nya 1600. Tipe RAM DDR3 single channel.

    pertanyaan saya kak,
    Kalau misal saya tambah RAM bakal ngefek ke multitasking nya tidak kak? karena kadang lambat kalau buka office (word, ppt) apalagi kalau sambil internetan dan buka MatLab (program pemrograman sains)
    atau malah opsinya tambah SSD?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.