Cara Upgrade Kartu SIM Card Telkomsel 3G ke 4G

Posted on

Bismillah, kali ini saya mau share tentang hal yang belum lama saya lakukan yaitu Cara Upgrade Kartu SIM Card Telkomsel 3G ke 4G.

Cara Upgrade Kartu SIM Card Telkomsel 3G ke 4G
Cara Upgrade Kartu SIM Card Telkomsel 3G ke 4G

Saya disini cuma mau share pengalaman saja kepada semua pembaca blog saya, semoga saja mendapat manfaat dari sharing saya kali ini.

Latar Belakang Saya Mau Upgrade

Saya membeli nomor utama untuk pribadi itu sudah lama sekali, sejak saya masih sekolah di SMK mungkin hehe, sehingga di masa itu teknologi yang terbaru adalah jaringan 3G.

Dulu bentuk kartu sim nya juga masih besar, tidak seperti sekarang yang memiliki 3 opsi ukuran tergantung device yang digunakan.

Nah awalnya saya beberapa kali juga ganti hp, dan saat ganti hp yang saya gunakan sekarang “Asus Zenfone Max Pro M1“, slotnya harus yang micro, atau yang paling kecil.

Akhirnya saya potong di counter terdekat.

Alasan saya tidak segera upgrade ke 4G, adalah kartu utama saya ini tidak saya gunakan untuk paket data internet, yang saya gunakan untuk internetan adalah kartu sim yang ada di slot SIM 2, dan saat di rumah pun saya menggunakan wifi.

Tidak ada urgensi untuk upgrade ke 4G.

Sampai pada saat keluar ke suatu tempat, kartu sim kedua saya tidak mendapat signal, saat itu yang saya pikirkan hanya “Wajar sih, karena memang paket data murah, pasti ada daerah yang belum terjangkau signal nya.

Dan jadilah saya memutuskan untuk upgrade kartu sim utama saya menjadi 4G. 😀

Cara Upgrade Kartu SIM Card Telkomsel 3G ke 4G

Setelah saya memutuskan untuk upgrade ke 4G, saya pun mencari beberapa referensi di internet, ada yang menggunakan cara online, yang kartu sim nya akan dikirim ke alamat kita.

Namun cara tersebut sudah tidak dapat saya lakukan, entah karena daerah yang belum didukung atau cara itu memang sudah ditiadakan oleh pihak operator.

Metode Pamungkas

Akhirnya saya menggunakan cara yang pasti akan tetap dapat dilakukan hehe, yaitu upgrade ke kantor Grapari.

Saya datang ke kantor grapari terdekat, dan langsung ditanya oleh pak satpan, tentang keperluan saya datang, tentu saya jawab untuk “Upgrade kartu sim ke 4G“.

Langsung saya ditanya tentang identitas, yaitu KTP.

Dan pada saat itu saya belum punya KTP, saya tanya apakah bisa dengan surat keterangan, kata pak satpan “Kami cek dulu ya mas“.

Dan ternyata tidak bisa, karena surat keterangan saya sudah habis masa nya 😀 Saking malasnya saya ngurus bolak balik ke kantor dinas kependudukan selama 6 bulan sekali wkwk.

Akhirnya saya pulang.

Keperluan Upgrade

Hal yang perlu Anda ketahui sebelum mendatangi kantor Grapari adalah, Anda harus memiliki KTP atau surat keterangan yang masih berlaku.

KTP tidak dapat digantikan dengan SIM atau identitas lain.

Jadi harap persiapkan berikut ini :

  • KTP/Suket
  • Kartu SIM yang akan Anda Upgrade
  • Uang

Karena saat saya upgrade, ada biaya untuk upgrade dan dikembalikan dalam bentuk paket data yang di include ke dalam kartu SIM 4G baru kita.

Menggunakan Mesin Otomatis

Cara upgrade nya, menggunakan mesin otomatis, jadi akan sangat memudahkan kita.

Tapi bagi yang belum familiar dengan mesin nya pun tidak perlu khawatir, karena nanti akan dipandu oleh mbak mbak admin yang ada di kantor.

Dengan beberapa klik dan konfirmasi, kartu 4G kita akan muncul dari dalam mesin 😀 kartu sudah dapat kita gunalan 1 sampai 2 jam setelah proses upgrade selesai.

Kesimpulan

Jika Anda merasa perlu untuk upgrade versi jaringan kartu sim Anda, langsung saja bisa ikuti langkah Cara Upgrade Kartu SIM Card Telkomsel 3G ke 4G diatas.

Baca Juga : Cara Upgrade Kartu SIM Indosat 3G ke 4G

Semoga tulisan saya kali ini dapat bermanfaat untuk Anda, dan sampai jumpa di pembahasan MaulanaAhsan.com Selanjutnya.

Gravatar Image
Selalu Tenang Sopan dan Berkarakter

One thought on “Cara Upgrade Kartu SIM Card Telkomsel 3G ke 4G

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.